Apakah White Chocolate adalah coklat?

White Chocolate
White Chocolate

Nah.. pertanyaan ini sudah muncul di kepala dari sejak lama. Akhirnya terjawab juga setelah bertahun-tahun, hehe… Awalnya ketika melihat resep pembuatan cheese cake di facebook hanya dengan menggunakan 3 bahan saja, coklat putih, cream cheese dan telur. Berhubung di rumah tidak tersedia coklat putih (alasan sebenarnya sih males beli :p) mulailah berfikir, kira-kira bahan ini bisa digantikan dengan apa ya? Apakah bisa digantikan dengan mentega dan gula?

Akhirnya mulailah searching kesana kemari hehe.. Hasilnya ternyata coklat putih memang terbuat dari coklat teman-teman.. Bahkan pemerintah Amerika mensyaratkan agar coklat putih mengandung minimal 20% cocoa butter, 14% susu, 3,5% lemak susu, dan lebih dari 55% gula atau pemanis. (sumber Wikipedia, https://en.wikipedia.org/wiki/White_chocolate)

coklat putih terbuat dari

Berarti ada benarnya juga asumsi bahwa coklat putih bisa digantikan dengan mentega dan gula. Hanya kurang susu saja serta komposisinya..

Bagaimanakah cara membuat coklat putih? Akhirnya muncul pertanyaan selanjutnya. Kalau coklat yang berwarna coklat gampang aja cara buatnya, biji coklat disangrai kemudian ditumbuk dan dicampur dengan gula. Lah kok bisa jadi putih bagaimana? Hehe.. akhirnya setelah cari-cari, dapatlah di youtube cara pembuatan coklat putih. Ternyata setelah coklat disangrai dan ditumbuk, kalau pakai alat canggih, coklat dipres sehingga lemaknya terpisah dari coklatnya, kalau dengan alat seadanya, coklat direbus dalam air, kemudian akan muncul cairan lemak di permukaan rebusan (seperti kalau kita rebus daging, akan muncul cairan lemak dipermukaan air). Nah, lemak itulah yang kemudian diambil dan didinginkan sehingga menjadi cocoa butter yang kemudian ditambah gula dan susu menjadi coklat putih.

Berikut gambar buah coklat dan biji coklat.

Chocolate pots
Buah coklat dengan tingkat kematangan yang berbeda
Chocolate bean in Chocolate pot
Biji coklat dalam buah coklat
Chocolate bean
Biji coklat

Sekian.. semoga bermanfaat..

Tinggalkan komentar